Thursday, October 21, 2010

Atasi Masalah Komputer Tidak Mau Shutdown


Banyaknya kendala dalam computer/laptop membuat kita bingung sendiri dan permasalahannya selalu terletak pada kesalahan pengguna (user) computer/laptop itu sendiri. Pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang mengapa sebuah computer/laptop tidak bias Shutdown.

Masalah APM memang tidak semua kompi memiliki, keberadaannya tergantung adanya ACPI (People Can't Memorize Computer Industry Acronyms)
kompi kita suport ACPI atau tidak, bisa dilihat dari Bios. dalam windows, APM ada di control panel-power option. pastikan semua opsi mengarah ke shutdown, bukan hybernasi.

Kembali ke kompi anda, untuk kompi modern bisa dipastikan mendukung APM/ACPI. Mungkin permasalahannya bukan pada APM, tapi pada file-file pengontrol shutdown (shd).
Menurut saya silahkan coba langkah-langkah berikut ini :

  1. Scan kompi dengan Antivirus yang update yang anda miliki, untuk memastikan tidak adanya malware apapun dalam kompi anda.
  2. Restart, masuk save-mode, setelah itu coba matikan seperti biasa. Kalau pada save-mode juga tidak bisa shutdown, anda perlu re-instal (tdk perlu clean-instal) dan pilih opsi [r] (bukan R-console), ini dengan catatan tidak ada malware yg menginfeksi.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar anda sangat berarti untuk de'o (baca: saya)kritik dan saran ditunggu ya..
Reaksi anda terhadap artikel de'o jangan lupa ya

Protected by Copyscape Originality Check